Memilih gaun pernikahan tentu saja berbeda dengan memilih plafon pada rumah. Nah, memang sih plafon tergolong sangat simple dan juga banyak yang meminatinya, tapi kita tetap harus berhati-hati dalam memilihnya. Nah, berikut ini beberapa jenis plafon yang perlu kita ketahui sebelum memilih dan membeli untuk rumah kita.

1. Bahan Gypsum
Bahan plafon dari gypsum sudah sangat umum dan bahkan terlampau sering dijumpai di toko-toko bangunan dan harga yang relatif lebih murah. Tapi sayangnya plafon gypsum tidak tahan dengan air, jadi sangat rentan timbul noda berwarna hitam bahkan akan hancur jika keseringan kena air.

2. Bahan dari triplek
Bahan yang terbuat dari triplek memang murah dengan pilihan ukuran ketebalan. Selain itu pemasangan juga mudah. Tapi mudah hancur jika kena air dan juga rentan dimakan rayap.

3. Bahan fiber semen
Bahan yang satu ini merupakan perpaduan antara gypsum dengan triplek, tapi juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama juga. Soal harga, fiber semen memang lebih murah jika kita bandingkan dengan gypsum. Tapi yang ini lebih berat, makanya dalam memotong harus hati-hati, takutnya nanti retak.

4. Plafon bahan PVC
Yang satu ini terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride (PVC). Yang ini tahan terhadap air dan juga rayap, jadi sangat cocok jika diaplikasikan dengan area indoor ataupun outdoor. Pemasangan juga lebih mudah, yaitu dengan system knockdown.

Itu dia beberapa jenis plafon rumah. Semoga bisa berguna dan menambah wawasan kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat😀