Sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan jaringan internet. Semua orang baik itu muda, tua,muda, mudi, anak-anak, remaja, dewasa, pasti sudah mengenal yang namanya jaringan internet. Aplagi sekarang ini kita bisa mendapatkan askes internet dimana saja kita berada, yaitu dengan menggunakan WiFi.

WiFi ini sebenarnya dibagi menjadi tiga kelas, yaitu A, B dan G, dengan memiliki kecepatan maksimum 54 Mbps. Biasanya untuk laptop atau notebook ataupun pemancar WiFi sudah mendukung kecepatan untuk semua kelas tersebut. Dan yang sangat penting adalah kelas antara pemancar dan si penerima WiFi harus sama, jadinya sikron.

Nah, berikut ini ada cara setting koneksi internet Wi-Fi untuk Windows XP dan juga Windows 7 Laptop ataupun PC. Berikut caranya:

1. Pertama pastikanlah sudah terinstall driver perangkat WiFi-nya di komputer atau laptop kalian. Sebenarnya WiFi internal ataupun WiFi eksternal itu sama saja, yang penting itu bisa berfungsi dan drivernya sudah dipasang.

2. Jika driver sudah terpasang dengan perfect, biasanya secara otomatis akan ke detect jika memang ada jaringan hotspot yang berada di daerah jangkauan. Untuk petunjuk koneksi, kalian bisa lihat di bagian icon Sys tray Windows yang letaknya di kri bawah layar.

3. Di bagian Control Panel > Network Connection, kalian double click pada wireless network connection yang ada. Atau bisa juga melalui icon Sys tray yang tadi.

4. Kemudian di menu sebelah kiri, pilih refresh netwok list, maka akan muncul nama-nama dari pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan.

5. Sebenarnya koneksi wireless ini juga dibagi menjadi dua kelompok atau bagian, yaitu unsecured dan secured. Untuk unsecured laptop kita akan secara otomatis terdaftar dan kita juga akan mendapatkan sebuah IP address dinamik. Tetapi untuk yang secured, kita terpaksa harus registrasi dulu ke admin jaringan, baru deh kita mendapatkan sebuah IP address.

6. Lalu pilihlah yang unsecured jika memang ada pilihan seperti itu. Jika ada banyak pilihan unsecured, maka pilihlah yang sinyalnya paling kuat.

7. Setelah itu tekanlah tombol connect yang terletak di bagian kanan bawah. Tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan IP address sampai prosesnya selesai.

8. Setelah connect, di icon tray tadi, akan muncul icon WiFi yang menyala warna hijau, termasuk juga dengan kekuatan sinyalnya. Contohnya adalah Excelent dengan kecepatan 54 Mbps, Very Good, Good, Low atau yang paling buruk adalah Poor.

9. Jika jaringan kalian tiba-tiba saja disconnect, biasanya sih akan tersambung secara otomatis.

Demikian tips mengatur koneksi internet WiFi di laptop atau PC kalian. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat😀