Kebocoran rem bisa saja terjadi karena tabung minyak rem yang sudah rapuh atau bisa juga karena hal lain, tetapi kalian tidak perlu khawatir. Tidak perlu ke bengkel, kalian juga bisa memperbaikinya sendiri. Berikut beberapa tahapnya.

1. Memperbaiki Kembali Kaliper
Gunakanlah peralatan untuk memperbaiki kinerja rem atau dengan membeli kaliper yang baru. Gunakan kunci pas untuk melepas baut rem. Lakukan hal yang sama dengan besi dan garis pada karet rem. Atur udara keluar masuk pada piston supaya selalu rendah, lalu tambahin pelumas pada kaliper. Gantilah kaliper, terus beri garis untuk posisi baut sebelumnya. Pastikanlah sistem udara pas dengan posisi kaliper tersebut.

2. Ganti Silinder Roda
Buka tutup roda dan ban kalo sudah melepas semua baut yang ada. Jika ada karat, olesi oli pada bagian karat itu. Turunkan sepatu ren dan gunakan obeng untuk melepas tromol rem, periksa juga sepatu rem. Ganti sepatu rem bila memang ditemukan lumuran cairan.

3. Ubah Posisi Selang
Hapus garis rem lama dan selang yang sebelumnya. Pasang garis rem baru pada kaliper dan juga silinder yang utama, dan juga keluarkan semua sistem udara sebelumnya.

4. Masukkan silinder utama yang baru
Carilah silinder utama. Lepaskan tutup dan kemudian berikan cairan rem baru silinder utama. Lepaskanlah silinder utama itu dari semua bagian rem dan konektor listrik. Pakai kunci soket untuk melonggarkan dan menghapus jejak baut yang sebelumnya. Terus kalian ganti silinder yang lama dengan yang baru, lalu kencangin lagi bautnya. Buatlah koneksi serupa dengan mengatur sistem asupan udara.

Itu dia cara memperbaiki kebocoran rem pada rem cakram. Semoga artikel ini dapat berguna dan menambah pengetahuan kalian dalam bidang otomotif.