Kalian pasti tau atau pernah mencicipisusu kuda liar. Katanya susu kuda liar ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi, kanker leher, kanker payudara, kanker leher rahim, dan lain-lain.

Apakah benar demikian? Menurut penelitian, memang susu kuda memiliki sejumlah keunggulan yang perlu dipertimbangkan. Berikut ada beberapa diantaranya:

1. Kaya Akan Vitamin
Kandungan vitamin susu kuda jauh lebih banyak daripada susu sapi. Vitamin dan mineral yang terkandung pada susu kuda antara lain: Vitamin A, B2, B6, B12, C, E, zat besi, kalsium dan juga magnesium.

2. Menyembuhkan Radang Usus
Para peneliti menemukan bahwa susu kuda membantu mengatasi gangguan radang usus besar yang biasanya ditandai dengan diare yang hebat bercampur dengan darah. Susu kuda merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga bakteri buruk tidak bisa berkembang lebih lanjut dan zat-zat beracun di dalam darah bisa dibuang.

3. Bisa Menggantikan Susu Sapi
Susu kuda yang mengandung banyak sekali antibodi penetralisir bakteri dan virus ini merupakan susu hewan yang paling mirip dengan susu manusia. Dan ternyata sering diberikan kepada bayi prematur guna meningkatkan daya tahn tubuh.

4. Bisa Menyembuhkan Eksim
Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang paling umum yang bisa membuat infeksi lokal yang ditandai dengan gatal, kemerahan, bengkak, dan juga lecet. Susu kuda yang kit kentalkan kemudian dicampur dengan lidah buaya bisa mengurangi gejala eksim sampai dengan 30%.

5. Lebih Awet
Susu kuda mengandung komponen antibakteri alami sehingga bisa membuat susu kuda menjadi lebih awet ketimbang susu yang lain.

Nah teman-teman, itu dia beberapa manfaat dari susu kuda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya😀