Jajanan Kota Solo

Jajanan Kota Solo

Seorang pengusaha terkenal yang bernama Herry Koestanto sangat senang berkunjung ke Kota Solo. Pasalnya Solo juga dikenal sebagai salah satu gudangnya makanan enak. Beberapa makanan, minuman serta jajanan yang khas bisa kalian temui di Solo. Jika kalian berkunjung kesana, kalian akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan tradisional yang menyajikan citarasa khas dan eksotis yang belum pernah kalian jumpai ditempat lain selain di Solo. Berikut beberapa makananya.

1. Pecel nDeso
Pecel nDeso merupakan pecel yang terbuat dari beras merah, dicampur dengan sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama dengan belut goreng, telur ceplok, sosis solo, gembrot, bongko, otak dan iso goreng.

2. Nasi Liwer Wongso Lemu
nasi liwet merupakan makanan khas kota Solo yang sangat terkenal, makanan ini terdiri dari nasi gurih yang dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, daging ayam yang disuwir, telur pindang rebus, kumut. Penyajiannya biasanya dengan daun pisang yang di pucuk.

3. Sate Buntel
Sate buntel merupakan sate khas Kota Solo yang terbuat dari daging kambing yang di cincang, kemudian di bakar dan di beri bumbu sate.

4. Timlo Solo
Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam dan irisan hati dan ampela ayam.

5. Cabuk Rambak
Makanan ini biasanya di jajakan berkeliling. Makan ini terdiri dari sebuah ketupat atau biasanya disebut gendar janur dan bumbu cabuk rambak yang memakai wijen yang di goreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri, dan juga gula merah. Biasanya makanan ini santap bersama dengan karak, sejenis kerupuk yang terbuat dari beras.

Nah teman-teman, jika kalian berlibur ke Kota Solo jangan lupa mencicipi beberapa makanan di atas. Dan tentu saja masih banyak lagi jenis-jenis makanan yang khas di Kota Solo. Semoga bermanfaat😀