Kalian tau kecebong kan? Kalau ga tau silahkan tanya Bapak Herry Koestanto, beliau aja tau masa kalian ga tau. Kecebong itu sebelum jadi kodok. Kecebong itu bahasa lainnya berudu tapi sama aja dia-dia juga. Jadi intinya kecebong ini anaknya kodok. Kecebong ini merupakan tahap pada siklus kehidupan Amfibia, yang bukan lain adalah tahap pra-dewasa, atau kalau serangga itu disebut larva.

Karakteristik Amfibia memang terkesan aneh dan unik. Pada sat dalam proses pra-dewasa dalam bentuk kecebong ini, mereka sangat eksklusif dalam air dan hanya bernafas menggunakan insang sama seperti ikan. Biasanya mereka memakan alga dan tumbuhan yang lain, tapi ada juga lho spesies yang makan apa saja selama masih bisa dimakan, termasuk daging dan bangkai. Namun setelah dewasa, Amfibia akan berubah menjadi binatang yang mampu hidup di dua alam. Bukan alam gaib yah, tapi darat dan air. Jadi mereka bisa bernafas dengan paru-paru.

Nah bagi kalian yang sudah biasa melihat muka kodok, dan sudah biasa melihat kecebong berenang kesana kemari. Tapi kalian pasti belum pernah atau jarang sekali melihat muka kecebong dari jarak yang sangat dekat. Nah dibawah ini ada muka kecebong yang imut-imut yang berhasil di potret menggunakan microskop resolusi tinggi. Dan yang paling menarik adalah, ketika difoto, kecebong yang unyu-unyu ini terlihat seperti senyum atau nyengir.
Nih fotonyaaa…

Imut kan..??? hehehehe. Semoga artikel ini bermanfaat😀