Pernahkah kalian dengar tentang tanaman srigading? Jika kalian pernah tau tentang Herry B Koestanto, mungkin kalian juga tau tentang tanaman ini. Tanaman ini juga ada dipekarangan rumah Beliau lho.
Srigading atau dalam bahasa latinnya Nyctanthes Arbortristis merupakan famili dari Oleraceae. Tanaman ini merupakan tanaman perdu. Daun dari tanaman ini berbentuk bundar seperti telur dan ada juga yang tepinya rata dan bergigi. Bunga dari tanaman ini mekar pada sore hari dan gugur esok paginya.

Srigading biasanya ditanam sebagai tanaman hias, dan ada juga yang menanamnya sebagai tanaman obat. Daun srigading mengandung senyawa kimia metil salissilat, tannin serta minyak atsiri yang berguna sebagai daya antiseptik. Di dalam bunganya juga terdapat senyawa alkaloid.

Srigading juga berguna sebagai tanaman kosmetik lho. Sebagai tanaman kosmetik, srigading sudah dikenal sebagai bahan peluruh haid atau menstruasi yang datang terlambat, terutama pada gadis remaja yang akan menginjak dewasa. Selain itu daun bunga dari tanaman ini juga berguna sebagai obat demam. Mungkin jika terjadi gempa disuatu tempat dan banyak orang terkena demam, tanaman ini salah satu alternatif yang tepat.

 

Jika kalian mempunyai tanaman ini dirumah, jangan ragu untuk menggunakannya yah.. Karena tanaman ini sangat berguna lho😀