Pemasangan iklan secara online atau digital ternyata lebih menguntungkan. Manfaat beriklan secara digital dihasilkan sebab media online memiliki beragam channel yang bisa digunakan. Simak alasan mengapa Anda perlu memilih pemasaran secara online berikut ini.

Selain jaringan yang luas dan audience yang beragam, teknik marketing produk atau layanan secara online juga cenderung “murah” dan prosesnya cepat, daripada iklan radio, TV, maupun media cetak. Meski masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Di Indonesia, kini advertising agency yang mampu membantu Anda menaikkan income lewat iklan mudah dijumpai. Mereka memanfaatkan beragam fasilitas di internet seperti SEO, Google Adwords (layanan iklan dari google), dan sebagainya.

Proses yang cepat menjadikan beriklan secara online banyak dipilih. Tentu proses cepat ini dikarenakan materi pendukung iklan tak perlu diproduksi lama-lama. Bahkan, pemasangan iklan digital pun telah dimudahkan dan bisa pasang sendiri oleh para pengiklan – bila tak menggunakan jasa agency.

Kemudian, tarif murah untuk beriklan dengan digital agency bukan tanpa alasan. Pernahkah Anda mendengar istilah CTR? CPC? CPM? Itulah hal-hal yang sering digunakan bila beriklan digital atau online.CTR merupakan Clickthrough rate, yang menghitung rasio atau rating kemungkinan besar iklan kita diklik setelah dipasang. Biasanya, angkanya dalam bentuk persen, dan merupakan hasil perbandingan antara total audience yang melihat iklan, serta total click di iklan tersebut.

Sedangkan CPC adalah Cost Per Click dan CPM Cost Per Mile. CPC ialah mekanisme iklan yang cukup laku akhir-akhir ini. Dengan CPC, pemasang iklan berpotensi memperoleh coverage view yang yang lebih luas sebelum kemudian calon konsumen mengklik iklannya menuju link yang dituju. Selain itu CPC juga tidak menyulitkan pemasang iklan dalam membuat laporan, sebab dengan tarif tertentu yang telah kita set, setiap harinya pemasang iklan dapat report penggunaan uang di iklan secara detail, disesuaikan dengan jumlah clicks. Contohnya antara lain google adsense dan juga facebook ads.

Terakhir, CPM kepanjangan Cost Per Mile adalah biaya yang perlu dibayarkan ke agensi atau perusahaan penyedia jasa penayangan iklan, misalkan anda beriklan tentang kesehatan maka setiap kali angka display iklan kesehatan anda mencapai 1000 kali. Ini berarti, setiap 1000 kali iklan kesehatan itu tayang di manapun dengan klik berapapun, maka akan mendapat tagihan sesuai pengaturan di awal.