Brasil yang di duga-duga akan membondol medali emas pada ajang olimpiade kini harus takluk oleh meksiko. Banyak orang yang mengikuti taruhan bola dengan harapan bahwa brasil lah juaranya kini hanya lah sebuah harapan.

Brasil mungkin menjadi contoh terbaik bagaimana kekuatan utama sepak bola dunia ternyata tak mampu sekalipun meraih medali emas Olimpiade sepanjang sejarah.

Tim Samba yang yang selalu digadang-gadang dan bertabur bintang semacam Neymar, Santos dkk kembali gagal meraih medali emas Olimpiade setelah ditekuk Meksiko 2-1 di final Olimpiade London 2012.

Tak heran banyak pihak yang begitu kecewa. Salah satu yang begitu kecewa adalah mantan pemain Romario yang lalu menyalahkan kegagalan ini sepenuhnya kepada pelatih Mano Menezes.

Romario pun, yang tampil untuk Brasil pada Olimpiade Seoul 1988, kembali merasa kecewa terhadap Menezes, yang juga gagal membawa Brasil lolos ke babak semi-final Copa America tahun lalu.

“Pelatih yang tidak bisa menanjak, Anda tidak panggil. Untungnya hari ini kita melihat pertandingan terakhirnya (sebagai pelatih) untuk timnas,” ujarnya ketus, di TV Record.

Penentu kemenangan Meksiko pada laga final sepakbola Olimpiade ini adalah Oribe Peralta yang mencetak dua gol Meksiko, sedangkan satu-satunya gol Brasil tercipta menjelang injury time dari pemainnya, Hulk.

Peralta membobol gawang Brasil yang adalah juara dunia lima kali, ketika pertandingan baru berjalan 30 detik.

Penyerang Meksiko ini kemudian menggandakan golnya pada menit 75 babak kedua, lalu Hulk memperkecil kekalahan Brasil hanya satu menit menjelang waktu normal babak kedua usai.

AFP melaporkan, Meksiko yang baru kali ini bermain pada babak final Olimpiade, memang pantas memenangi laga, sedangkan Brasil untuk kesekian kalinya gagal menjuarai turnamen Olimpiade padahal gelar ini dinanti lama oleh Brasil.

Sehari sebelumnya Korea Selatan memenangi medali perunggu sepakbola Olimpiade ini.

Laga final Brasil vs Meksiko yang berlangsung di Stadion Wembley ini ditonton oleh 86.162 orang. Ini merupakan nomor pertandingan paling banyak ditonton selama Olimpiade London 2012 berlangsung.

Tanpa beriklan dengan menggunakan digital marketing pun tiket pertandingan final dapat terjual habis bahkan kurang. Banyak para penonton yang kecewa dan hanya dapat melihatnya dari layar kaca.

Jumlah penonton pertandingan-pertandingan cabang sepakbola –termasuk sepakbola putri– selama Olimpiade London ini adalah 2.186.930 penonton.