Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara yaitu melalui SMS (Short Message Service), pesan instan, surat elektronik, digital audio atau web. Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu misanya topik terbaru mengenai wayne rooney. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini dapat diunduh secara gratis. Tidak ada kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini, semua orang di seluruh dunia dapat melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh mikroblog. Mikroblog telah mengalami perkembangan dan menyediakan banyak fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan. Layanan ini memiliki banyak macam berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna.

Pownce adalah suatu situs web jejaring sosial dan mikroblog yang dirintis oleh Dig, Kevin Rose, Leah Culver, Daniel Burka dan Shawn Allen. Layanannya meliputi bagian pesan, berkas, kegiatan dan pranala dengan teman atau kontak. Sejak peluncurannya pada 27 Juni 2007, anggota baru hanya dapat bergabung jika diundang oleh orang yang telah menjadi anggota Pownce. Akan tetapi, Pownce efektif ditutup pada tanggal 15 Desember 2008 dan anggota timnya bergabung dengan perusahaan SixApart. Layanan baru yang akan menggantikannya adalah Motion yang sekarang masih dalam proses pengerjaan. Situs web jejaring sosial populer Facebook dan MySpace juga memiliki fitur mikroblog yang disebut pembaharuan status atau status update bahkan facebook memiliki layanan facebook marketing seperti yang ada di twitter pula. Layanan terpopuler untuk mikroblog adalah Twitter yang diluncurkan pada Juli 2006 dan telah memenangi Web Award untuk kategori blog pada konferensi South by Southwest 2007 di Austin, Texas. Selain Twitter, layanan lain yang memberikan layanan yang sama dan paling sering digunakan adalah Tumblr, Plurk, Squeelr, Jaiku dan identi.ca. Baru-baru ini, jenis layanan dan perangkat lunak dengan fitur mikroblog telah dikembangkan. Pada layanan Squeelr, pengguna dapat menambahkan geolocation dan gambar ke mikroblog dan menghilangkan akun pengguna, sehingga layanan mikroblog anonim. Mikroblog berkembang secara lokal ke beberapa daerah di dunia, antara lain Eropa khusunya di Perancis dan Jerman dengan Frazr, Korea Selatan dengan PlayTalk, Tiongkok dengan Fanfou dan Zousa, India dengan Ugaldo, serta Britania Raya dengan Blabto. Pada bulan Mei 2007, suatu artikel menyebutkan adanya 111 situs web mirip Twitter di seluruh dunia.

Beberapa studi, terutama oleh Harvard Business School dan Sysomos, telah mencoba menganalisis perilaku penggunaan layanan mikroblog. Kesimpulan dari penelitian yang mereka lakukan menunjukkan bahwa salah satu aktivitas masyarakat sekarang adalah menulis teks pembaharuan singkat. Dalam surveinya yang didasarkan pada lebih dari 11 juta pengguna, Sysomos menunjukkan bahwa 10% dari mereka memiliki akun Twitter. Mikroblog memungkinkan pengguna menulis teks pembaharuan singkat tentang kehidupan pengguna di mana saja dan mengirimnya ke pengguna lain yang dapat dilakukan setiap waktu. Selain itu mikroblog dapat dijadikan juga sebagai media pengiriman berita. Perusahaan media seperti BBC, The New York Times dan Al Jazeera sedang mencoba mikroblog khususnya Twitter sebagai cara untuk mengirim dan menerima berita. Baru-baru ini mikroblog juga sering dijadikan media kampanye dan promosi bagi calon presiden atau kontestan sebuah ajang untuk mencari dukungan. Calon presiden atau kontestan tersebut memiliki profil pada mikroblognya dan pengguna lain dapat memeriksa teks pembaharuannya tiap waktu. Layanan mikroblog juga muncul sebagai sumber yang penting untuk mengetahui berita dan situasi baru-baru ini. Mikroblog merupakan pesan singkat yang memungkinkan pengguna untuk menulis berita dengan cepat dalam hitungan detik. Dengan bertumbuhnya mikroblog, banyak pengguna ingin mempertahankan kehadiran di lebih dari satu jejaring sosial. Untuk itu terdapat layanan seperti Ping.fm yang akan mengirimkan mikroblog pengguna ke beberapa jejaring sosial.