Saat ini makin banyak orang yang terkena stroke pada saat usia muda. Tapi ada cara mudah mengurangi risiko stroke tersebut yaitu dengan keluar rumah untuk dapatkan sinar matahari dan konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan.

Ilmuwan dari Amerika menemukan orang orang yang kekurangan vitamin D yang secara alami di produksi oleh kulit saat terkena sinar matahari dan dari makanan termasuk kacang-kacangan serta minyak ikan bisa meningkatkan risiko hingga lebih dari seperlimanya.

Hasil studi seperempat orang dengan kadar vitamin D terendah memiliki risiko 22 persen lebih rentan terkena stroke di banding yang kadar vitamin D nya lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Vitamin D yang cukup seperti dari sniar matahri dan ikan cukup untuk mengurangi kemungkinan terkena stroke.

Kadar vitamin yang rendah meningkatkan kemungkinan seseorang terkena jenis stroke yang umum yaitu ischaemic stroke yang mana terjadi pembekuan sehingga menghambat pembuluh darah di otak.

Namun tidak hanya jenis stroke tersebut, karena kadar rendah juga dapat memicu terjadinya haemorrhagic stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pada otak.

“Hasil penelitian kami menegaskan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D akan bermanfaat untuk pencegahan stroke,” ujar Dr Gotaro Kojima, salah seorang peneliti, seperti dikutip dari Telegraph.

Dr.Kojima mengatakan mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan atau suplemen bisa menjadi hal yang penting bagi orang tua karena sintesis vitamin D dari sinar matahari jadi hal yang lebih sulit saat usia tersebut.

Hasil ini berdasarkan kesimpulan dari studi selama 34 tahun yang melibatkan 7500 paruh baya dan lanjut usia jepang-Amerika yang tinggal di suatu tempat. Peneliti mengukur kadar vitamin D yang di daptkan partisipan baik dari makanan atau sinar matahri.

Dr.kojiman dalam jurnal stroke dari American Heart Association menyarankan seseorang sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup serta konsumsi multi vitamin dari bahan spirulina dan vitamin D dari kacang-kacangan dan ikan.

Baca juga artikel lainnya di :