Facebook memang fenomenal. Anda tentu masih ingat dengan pemberitaan kasus penculikan anak di bawah umur akibat perkenalan melalui Facebook beberapa waktu yang lalu. Ya, tanpa kita sadari kini hampir semua orang tahu apa itu Facebook gara-gara kasus tersebut.

Ditambah lagi dengan gencarnya beberapa operator telepon seluler memperkenalkan layanan berbasis Facebook menjadikan situs ini begitu populer tak hanya di kalangan anak muda, tapi juga para orang tua. Harus kita akui, Facebook memang berbeda dibandingkan situs jejaring sosial lainnya.

Mungkin kita tak pernah membayangkan sebelumnya bagaimana seorang tukang becak pun memanfaatkan Facebook untuk menggaet pelanggan, khususnya turis mancanegara. Saya tidak mengada-ada lho, ini adalah kenyataan. Kalau Anda menyaksikan acara e-LifeStyle di MetroTV beberapa hari yang lalu pasti percaya hal ini.
Mengingat betapa besarnya jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia, memang tidak mengherankan jika kini banyak orang mulai memperhitungkan bagaimana potensialnya Facebook jika dimanfaatkan untuk keperluan bisnis khususnya untuk menggaet relasi baru. Jika Anda seorang wirausahawan, tak ada salahnya jika mencoba Facebook untuk menggenjot penjualan. Toh, Facebook itu gratis. Jadi kalaupun gagal dan tidak ada peningkatan penjualan, Anda tidak akan rugi banyak. Kemungkinan besar Anda hanya keluar ongkos untuk akses Internet saja.

Kalau kita cermati, sebenarnya ada beberapa cara yang biasanya digunakan untuk mempromosikan sesuatu, bisa dengan agency Indonesia tapi bisa juga di Facebook, trik iklan di facebook yaitu:

Facebook Profile

Barangkali cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Buat saja profile yang menarik di Facebook tentang bisnis kita. Selanjutnya undang teman sebanyak-banyaknya untuk bergabung. Bagaimana cara melakukan promosi lewat profile tersebut? Sebenarnya banyak sekali caranya, namun itu semua tergantung seberapa kreatif pengguna Facebook tersebut. Ada yang memajang foto produk di bagian yang seharusnya berisi foto pengguna, ada pula yang secara teratur mengupdate status pada Dinding (Wall), mengomentari status orang lain dan sebagainya.

Facebook Fan Pages

Pada dasarnya Fan Pages ini fungsinya sama seperti halnya Facebook Profile. Facebook Fan Pages juga mempunyai halaman profile, status dinding (wall) dan sebagainya. Akan tetapi bedanya, Fan Pages bisa dilihat oleh pengunjung tanpa harus menjadi anggota Facebook. Jadi bisa dikatakan hampir sama dengan halaman web biasa. Meskipun demikian, hanya pengunjung yang sudah menjadi penggemar (fans) dari halaman itu saja yang bisa memberi komentar, menambah tautan, berbagi foto dan lainnya.

Facebook Groups

Groups adalah suatu komunitas online yang mempunyai sejumlah anggota dengan kesamaan minat pada topik tertentu. Anda harus pintar-pintar mengatur strategi untuk melakukan promosi lewat groups ini, karena jika tidak hati-hati bisa jadi Anda malah akan terjebak dalam aktivitas spam sehingga dibenci oleh anggota yang lainnya.

Facebook Ads

Memasang iklan di Facebook ads adalah alternatif lain yang cukup efektif untuk mempromosikan sesuatu. Akan tetapi tentu saja yang ini tidak gratis. Biasanya cara ini paling dihindari, terutama oleh pengguna Facebook yang kurang mampu, hehehe…