Manado – PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan rekor touring motor Honda dengan jarak tempuh terjauh setelah merampungkan Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo dari Medan hingga Manado dengan jarak 6.688 Km.

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) mencatat keberhasilan tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo menuntaskan perjalanan panjang melintasi tiga provinsi Sumatera, Jawa, dan Sulawesi sebagai rekor baru yaitu Touring Motor Terjauh dengan 6.688 Km. Upaya menorehkan rekor baru ini dimulai dari lapangan Merdeka Walk, Medan pada Jumat, 25 Mei hingga finish di Megamas Mall, Manado pada Sabtu, 16 Juni 2012.

Touring terjauh yang pernah dilakukan ATPM sepeda motor ini menggunakan 10 unit Honda Absolute Revo dengan didukung oleh 60 riders yang berasal dari 36 klub sepeda motor Honda dari tiga pulau yang dilintasi. Mereka mengendarai Honda Absolute Revo secara bergantian menaklukkan beragam kondisi jalan dan cuaca sepanjang perjalanan. Di Pulau Sumatera, tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo memulai perjalan dari Medan menuju Pekanbaru melalui Rantau Parapat kemudian melanjutkan perjalanan menuju Padang melalui Bangkinang, Kelok Sembilan, dan Bukittingi. Perjalanan berikutnya menuju Palembang melalui Solok, Muara Bungo dan Jambi, sebelum akhirnya melintasi Palembang dan mengakhiri perjalanan lintas Sumatera di Bakauheni, Lampung.

Setelah menyeberangi Selat Sunda, tim ekspedisi bertolak dari Merak, Banten menuju Jakarta kemudian ke Bandung melalui jalur Puncak dan Cipanas. Dari Bumi Parahyangan, tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo melanjutkan perjalanan menyusuri jalur selatan menuju Yogyakarta sebelum akhirnya melintas ke utara menuju Semarang melalui Salatiga. Dari Semarang, perjalanan dilanjutkan menyusuri jalur pantai utara hingga Rembang, kemudian melintas ke selatan melalui Jombang, Kediri, hingga Malang. Dari Kota Apel ini tim meneruskan perjalanan menuju Banyuwangi lewat Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Jember sebelum akhirnya kembali dan finish di Surabaya menggunakan rute Situbondo, Probolinggo, dan Pasuruan.

Di Pulau Sulawesi, tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo memulai perjalanan dari Makasar menuju Palu menyusuri jalan penuh kelok sepanjang Mejene dan Mamuju, Ibukota Sulawesi Barat. Dari Palu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gorontalo sebelum akhirnya finish di Manado.

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra menyatakan keberhasilan ekspedisi ini membuktikan ketangguhan Honda Absolute Revo yang didukung oleh kekompakan para rider dan tim.

“Terima kasih dan selamat kepada para rider dan tim pendukung yang telah menuntaskan touring ini dengan zero accident dan tanpa hambatan berarti selama 21 hari. Selamat atas keberhasilan mencetak rekor MURI baru. Rekor Touring Motor Terjauh dengan jarak 6.688 Km dengan menggunakan Honda Absolute Revo,” ujarnya.

Ketangguhan Honda Absolute Revo dalam ekspedisi ini tidak hanya dibuktikan dengan kemampuannya mengukir touring dengan jarak tempuh terjauh. Sebelumnya pada 8 Juni lalu, dalam rangkaian ekspedisi ini, motor bebek andalan Honda untuk segmen low end ini juga telah dicatat oleh MURI karena berhasil membuktikan ketangguhan dan durabilitas mesin EFT (Efficient & Low Friction Technology) 110 cc, 4 tak dengan terus menyala 341 jam non stop dalam rute Medan-Surabaya. “Dua rekor baru MURI ini merupakan salah satu pengakuan dan bukti nyata atas ketangguhan Honda Absolute Revo. Rekor ini akan semakin memantapkan posisi Revo sebagai pilihan utama masyarakat untuk menemani kegiatan sehari-hari dalam mewujudkan mimpi mereka,” ujarnya.

Ekspedisi ini juga membuktikan konsumsi bahan bakar Honda Absolute Revo yang irit. Tercatat konsumsi bensin teririt dalam touring ini adalah 93.04 km/liter yang dicapai dalam rute Salatiga – Semarang dengan kondisi jalan naik turun dan kecepatan yang tidak dibatasi. Bahkan, dalam sebuah ajang adu irit di Pekanbaru, konsumsi bensin Honda Absolute Revo mampu menorehkan konsumsi BBM yang lebih irit yaitu 106,25 km per liter dengan kondisi berboncengan.

Melengkapi ketangguhan mesin dan konsumsi BBM yang hemat, Honda Absolute Revo sendiri dilengkapi 3D leg shield yang fungsional namun tetap memberi ruang kaki yang lapang. Selain itu, juga memiliki unsur utilitas dan fungsional terbaik melalui bagasi serbaguna di bawah jok berkapasitas 7 liter. Sementara fitur secure key shutter yang diaplikasikan di model ini menambah kepraktisan dan membuatnya lebih aman. Honda Revo series tercatat sebagai model terlaris di segmen bebek low end dengan pangsa pasar 54% dengan angka penjualan sebesar 185.307 unit sepanjang Januari-Mei tahun ini. Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2007, model ini sudah terjual sebanyak 4.160.906 unit.

Touring Bermisi sosial

Digelar untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo ini juga disiapkan menjadi sebuah kegiatan touring yang sarat dengan misi sosial. Sepanjang perjalanan, AHM berupaya merekam jejak semangat para pejuang kehidupan yang telah berhasil mengukir prestasi dengan berbekal sepeda motor sebagai sarana transportasi penunjang kehidupan. Mereka merupakan sosok-sosok sederhana yang tangguh dan bekerja dalam diam mewujudkan impian dan memberi kontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Para pejuang tersebut berasal dari beragam profesi di antaranya pendidik dan pekerja sosial.

“Ekspedisi Honda Absolute Revo ini memang bukan sekedar touring tapi banyak mengusung misi sosial. Kami ingin membuktikan motor Honda merupakan alat transportasi produktif yang menunjang pengabdian para pejuang kehidupan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.”

Sesuai dengan filosofi perusahaan yaitu One Heart atau Satu Hati, AHM berkomitmen dapat terus menemani dan mengantarkan masyarakat mewujudkan mimpi-mimpinya, termasuk para pejuang kehidupan yang ditemui dalam ekspedisi ini. Sepeda motor sebagai alat transportasi produktif diyakini mampu mengantarkan para pejuang kehidupan ini melanjutkan pengabdiannya dalam berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Semangat dan ketangguhan mereka diyakini mampu menginspirasi masyarakat terutama konsumen setia Honda untuk berbuat lebih baik.

Selain itu, ekspedisi ini juga melakukan berbagai kegiatan sosial lain seperti pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di setiap stop poin dan juga menggalang aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Awalnya kami menargetkan hanya 500 kantong darah dengan asumsi hanya dapat 10 kantong darah di 50 lokasi pemberhentian. Ternyata animo masyarakat untuk berdonor sangat luar biasa karena hingga finish kami berhasil mengumpulkan 935 kantong darah yang langsung kami serahkan ke PMI.”