Belajar adalah hal yang tak akan berhenti dari kalangan manapun, siapapun, dan umur berapapun. Dalam postingan ini saya akan membagikan ilmu untuk yang mau dan ingin belajar mendalami javascript. Begitu banyak software editing foto, teks maupun web base seperti html, php, css, dan javascript.

Saya akan menceritakan sedikit mengenai perkembangan javascript. JavaScript pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995. Awalnya javascript ini digunakan oleh Netscape 2 navigator yang sedang terkenal saat itu. Pada saat itu javascript namaya adalah Livescript. Awalnya perkembangan javascript mendapat banyak kritikan dengan alassan karena kurang aman dan banyak kekurangan. Kemudian netscape dan Sun corporation merombak gagasan LiveScript dan menganti namanya menjadi JavaScript. Netscape secara resmi mengganti nama livescript menjadi javascript pada tangal 4 Desember 1995. Pada waktu itu perusahaan ternama yang sampai ini kita kenal dengan nama microsoft juga ikut mengembangkan hal yang sama dengan nama Internet Explorer 3. mengenai JavaScript sendiri sebenarnya ia dikembangkan pertama kali oleh Brendan Eich yang pada saat itu berkerja di Netscape dibawah nama perusahaan besar Mocha.

Sebelumnya perlu diberitahukan bahwa program Java dan JavaScript itu adalah 2 hal yang berbeda. JavaScript dapat digunakan untuk berbagai hal dan berbagai kepentingan untuk pengembangan internet. Sebagai contoh, JavaScript dapat digunakan untuk membuat berbagai bahan misalnya efek rollover baik di gambar maupun teks.

Cukup untuk perkenalan JavaScript diatas, jika para pembaca ingin mengetahui lebih dalam perkembangan mengenai JavaScript, pembaca sekaliab dapat mencarinya dari berbagai sumber lain di internet. Sekarang kita akan masuk lebih dalam mengenai bentuk-bentuk dan penerapan javascript dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan mulai dari pembuatan struktur javascript, variable javascript, penggunaan komentar, dampai pengenalan berbagai fungsi dan metode dalam javascript.

Struktur dalam Penulisan JavaScript

Dalam penmbuatan JavaScript, kita harus mengunakan tag dalam penggunaannya. Dibawah ini saya akan memberikan contoh dalam penulisan JavaScript. Simak contoh dibawah :

<html>

<head>

<title>…..</title>

<script type=”text/JavaScript”>

<!–

Tuliskan contoh JavaScript disini.

//–>

</head>

<body>

</body>

</html>

Saya akan memberikan contoh lain untuk anda praktikan dan lihat hasilnya.

Contoh penulisan javascript dibawah dapat anda copy ke notepad dan simpan dengan format html. Lalu lihat hasilnya.

<!DOCTYPE html>

<html>

<body>

<p>Tekan tombolnya untuk membuat variable, dan lihat hasilnya.</p>

<button onclick=”myFunction()”>Coba!</button>

<p id=”demo”></p>

<script type=”text/javascript”>

function myFunction()

{

var carname=”Belajar JavaScript dalam proses”;

document.getElementById(“demo”).innerHTML=carname;

}

</script>

</body>

</html>

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

 Klik  disini untuk info lebih lanjut.