Hallo para pembaca, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya anda bisa mengembangkan karir dalam hidup anda dengan cara berakting yang mudah. Postingan ini sengaja ditulis sangat sederhana dengan maksud agar mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun.

Namun begitu tulisan ini akan jadi sia-sia kalau anda tidak melatih nya, dan disarankan kepada calon-calon actor untuk banyak ber tanya, banyak membaca, banyak menonton, dan banyak LATIHAN.

Terkait dengan acara pelatihan Komedian, pengetahuan dasar AKTING inipun sangatlah relevan untuk dipelajari bagi peserta latih karena seorang Komedian juga adalah actor yang dituntut dapat berakting baik.

Setelah anda membaca tulisan ini, maka anda sudah harus siap me nerima peran apapun yang diberikan Produser/Sutradara.

Untuk memainkan peran dengan baik anda harus bersikap pasrah menerima serta mencintai peran tersebut tidak boleh ada penolak an dalam hati apalagi membencinya, karena ketika anda membenci peran yang akan dimainkan, maka akan timbul jarak antara anda de ngan peran itu, akibatnya anda akan bermain buruk, tidak hidup.

Akting adalah menghidupkan sebuah peran.

Peran yang asalnya mati yang Cuma bisa dibaca dari sebuah scenario, harus anda hidupkan layaknya manusia seutuhnya yang mempu nyai bentuk tubuh, gerakan, gerak-gerik, ekpresi wajah, vocal, piki ran serta perasaan.

Akting yang baik tidak akan dating begitu saja pada seorang actor, apalagi pada actor yang malas yang hanya menunggu kesempatan.

Akting yang baik dan prima akan menghampiri actor-aktor yang mau kerja keras, latihan dan disiplin, tidak ada kata ” nganggur “ bagi seorang aktor, karena setiap waktu luang akan dipergunakan untuk latihan,observasi, membaca, menonton atau mendiskusikan sesuatu yang berhubungan dengan seni peran.

Untuk menjadi seorang actor yang handal pastilah diperlukan modal, seorang Pelukis modalnya adalah cat, kuas dan kavas. Beberapa hal dibawah harus anda ketahui jika anda ingin mendalami akting.

Pengertian Akting
Akting adalah segala kegiatan, gerak, atau perbuatan yang dilakukan oleh para pelaku. Akting meliputi mimik, pantomim, dialog, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan adegan aktor atau pemain drama.

Tujuan Akting
Tujuan akting adalah “to be a character”, yaitu mengekspresikan suatu perwatakan yang khas dari seorang tokoh.

Teknik Akting
Teknik akting terbaik ialah yang paling efektif dan yang berhasil mengekspresikan intent (maksud/ ide) penulis, intent adegan, dan intent karakter. Untuk dapat berakting dengan baik, ada 10 teknik yang perlu diperhatikan.

  1. Metode tindak lahir
    1. Aktor harus mengetahui lebih dulu motivnya berakting (dasar dan tujuan).
  2.  Kemampuan mengandaikan
    1. Bila seseorang menjadi tokoh tertentu, maka ia harus memikirkan apa dan bagaimana yang harus ia lakukan ?
  3.  Kemampuan imajinasi
    1. Menggambarkan / membayangkan sesuatu yang tidak ada.
  4. Konsentrasi
    1. Seorang aktor harus memusatkan perhatian dan pikirannya pada peran yang ia bawakan.
  5.  Emosional memori
    1. Seorang aktor hendaknya mengingat-ingat atau mengenang kembali pengalaman atau kejadian-kejadian yang pernah dialami sendiri yang kira-kira serupa dengan adegan yang dimainkannya.
  6. Kesatuan
    1. Antar aktor yang satu dengan yang lain harus ada kerjasama yang bersifat kolektif.
  7. Harmoni
    1. Setiap aktor harus berusaha menyesuaikan dirinya dengan peran/ perwatakan yang dibawakan (menghayati/ menjiwai setiap elemen yang berkaitan dengannya).
  8. Tempo irama
    1. Tiap akting harus ada iramanya. Artinya, akting tidak boleh tergesa-gesa juga tidak boleh dilambat-lambatkan.
  9. Super objektif
    1. Tiap aktor harus tahu siapa yang sedang memegang peranan penting dalam suatu adegan yang sedang berlangsung.
  10. Kebenaran dan keyakinan
    1. Setiap aktor harus yakin akan peran yang dibawakan.

Sekian hal yang dapat saya bagikan mengenai akting. Semoga membantu.😀

Ingin mengembangkan diri lebih sukses dalam berbagai bidang? Lihat disini!