Siapa sih yang ga kenal dengan olahraga yang namanya tenis meja? Pasti semua kenal dan hampir semua pernah main kan atau mungkin ada yang suka membaca berita olahraga? Di postingan saya kali ini saya akan membahas tentang fakta tenis meja yang tentunya menarik. Inilah fakta menarik tentang olahraga tenis meja. Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Permainan tenis meja bermula pada tahun 1880-an di Inggris.Saat itu, masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam. Di Republik Rakyat Cina, nama resmi olahraga ini ialah “bola ping pong” (Tionghoa : 乒乓球; Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bat, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 215 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961. Berikut fakta lainnya :

  1. Pada Olimpiade Seoul 1988, tenis meja dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang olahraga yang paling prestisius itu.
  2. Tenis meja menjadi sumber inspirasi bagi PONG, sebuah video game terkenal yang dirilis tahun 1972.
  3. Pada awal 1970-an, para pemain tenis meja Amerika Serikat diundang ikut serta dalam sebuah turnamen di Republik Rakyat Cina. Peristiwa ini mencairkan ketegangan hubungan antara kedua negara. Istilah “Diplomasi Ping Pong” muncul ketika Presiden AS Richard Nixon tak lama kemudian berkunjung ke Tiongkok.
  4. Pada Kejuaraan Dunia 1936 di Praha, dua pemain yang saling menerapkan pola bertahan/defensif membutuhkan waktu lebih dari satu jam demi meraih satu poin.
  5. Uni Soviet melarang penduduknya bermain tenis meja pada 1930 hingga 1950 dengan alasan olahraga tersebut berbahaya bagi mata manusia. (Aneh juga ya, apa bahayanya main ping-pong?)

Jadi anda sekalian tertarik untuk belajar tenis mejadengan cara yang mudah atau ingin jadi pemain tenis meja yang handal? Silahkan baca postingan menarik saya yang lainnya. Semoga postingan saya bermanfaat.😀