Makanan tradisional Korea adalah salah satu masakan yang paling unik dalam kawasan Asia. Pada dasarnya, makanan tradisional Korea adalah berdasarkan Mahkamah Royal Masakan Korea (수라상,水剌床, Surasang), yang secara tradisional dikonsumsi di istana 1392-1910 di Korea.

Biasanya beberapa bumbu dan bahan sering digunakan dalam masakan Korea seperti biji wijen, galic, jahe, daun bawang, minyak wijen, Doenjang (된장, pasta kacang fermentasi), Gochujang (고추장, 苦 椒 酱), dll

Korea makanan dikenal sebagai bahan makanan sehat karena menekankan keseimbangan gizi seperti disebutkan dalam urutan piramida makanan.  Seperti negara Asia lainnya, beras adalah makanan pokok dalam hidangan Korea. Selain itu, Korea juga mengkonsumsi mie, berbagai jenis sayuran, daging dan tahu.

Korea berbagai makanan biasanya dari musim ke musim, misalnya, selama musim dingin, lebih banyak jenis Kimchee akan dikonsumsi dan selama musim panas NaengMyeon (냉면, mie dingin) akan dilayani. Diantara 10 makanan Korea terfavorit adalah kimchi.

Manfaat makanan Kimchi

Dikarenakan kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran, maka tentu saja akan mengandung kadar serat makanan yang tinggi namun juga rendah kalori, hmm menyehatkan sekali bukan? Sebagian besar masakan kimchi bumbunya terbuat dari bawang bombay, bawang putih, dan cabai. Masakan ini tinggi akan kandungan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi. bahkan dalam Health Magazine, kimchi dimasukkan sebagai salah satu “Makanan Tersehat Di Dunia“. Katanya makanan ini juga dapat mencegah kanker.

Kimchee adalah lauk yang paling terkenal antara Korea atau bahkan orang asing. Ini adalah suatu keharusan-disajikan di setiap hidangan makan Korea.  Kimchee banyak disebut sayuran difermentasi tradisional Korea. Pada awal, kimchee dipersiapkan untuk musim dingin karena mereka tidak bisa bercocok tanam selama musim dingin. Oleh karena itu, mereka diawetkan untuk mengkonsumsi sayuran pada musim dingin.

Sebenarnya ada berbagai jenis kimchee di Korea seperti kimchee mentimun, cabai hijau kimchee, kimchee kubis cina, kimchee lobak dan sebagainya tapi kata Kimchee sering disebut kubis cina kimchee.  Selama musim yang berbeda baik, berbeda kimchee akan dilayani. Misalnya pada saat musim panas, mentimun dan kimchee lobak kimchee akan disajikan. Selama musim semi, sayuran daun akan menjadi bahan utama untuk membuat kimchee dan kimchee di musim semi kadang-kadang bahkan tidak difermentasi untuk jangka panjang tetapi berpengalaman untuk waktu yang singkat.  Selama musim dingin kebanyakan kimchee ini tersedia sejak itu adalah waktu yang paling cocok untuk mengkonsumsi kimchee.

Jika ingin mengetahui masakan lainnya, klik disini kumpulan masakan